Alumni

Tracer Study Universitas Tabanan

 

Dikti saat ini sedang melaksanakan upaya untuk merintis kompilasi data tracer study nasional khususnya mengenai transisi dan posisi pekerjaan lulusan PT di Indonesia. Untuk itu sejak tahun 2011, telah dikembangkan suatu sistem online yang dapat digunakan oleh Perguruan Tinggi untuk melacak aktivitas para lulusannya setelah masa pendidikan tinggi, baik masa transisi maupun pergerakan mereka di dunia kerja sampai. Tracer study dinilai penting karena menjadi alat evaluasi kinerja PT dan sekarang telah dijadikan salah satu syarat kelengkapan akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sebagai kelengkapan dalam dokumen Evaluasi Diri yang diperlukan dalam pengajuan proposal melalui Kemdikbud. Tracer study online Dikti ditujukan untuk melacak jejak lulusan/alumni yang dilakukan 2 tahun setelah lulus dan bertujuan untuk mengetahui :
1. Outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja (termasuk masa tunggu kerja dan proses pencarian kerja pertama), situasi kerja terakhir, dan aplikasi kompetensi di dunia kerja.
2. Output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi.
3. Proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi. Hasil tracer study akan membantu PT dalam mengetahui posisi lulusan yang telah terserap dalam dunia kerja serta menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetansi yang diperlukan di dunia kerja. Hasil tracer study yang kemudian dilaporkan ke Dikti akan membantu program Pemerintah dalam rangka memetakan kebutuhan dunia kerja dengan pembangunan pendidikan di Indonesia
Sehingga, dapat disampaikan kepada seluruh Alumni pada Program Studi Ekonomi Pembangunan, Ilmu Hukum, dan Agroteknologi di kampus Universitas Tabanan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaring berbagai informasi mengenai alumni mulai dari status pekerjaan dan jenis pekerjaannya, waktu tunggu mendapat pekerjaan pertama, gaji pertama, maupun alamat kontaknya. Hasil dari kegiatan tracer study ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pengembangan Program Studi di Universitas Tabanan, misalnya dalam bentuk evaluasi kesesuaian antara kurikulum dengan tuntutan kerja, memperluas jaringan dengan industri atau calon pemakai lulusan program studi ini, maupun memperluas jaringan alumni. Informasi dari Alumni merupakan data yang sangat penting dan akan kami gunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum, program pendidikan dan peningkatan kompetensi mahasiswa. Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk kesediaan dan kerjasama para Alumni demi perkembangan dan kemajuan Program Studi Universitas Tabanan. Sekian dan Terima Kasih.

Isi Kuisioner

Download