Visi Misi Fakultas Pertanian

PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS TABANAN

Visi Fakultas Pertanian :

“Terwujudnya Fakultas pertanian yang mandiri, sebagai pusat kajian IPTEKS pertanian berkelanjutan yang unggul, berkompetensi, berbudaya dan  berjiwa kewirausahaan ( disingkat Siwirabuda =  berkompetensi, berjiwa kewirausahaan dan berbudaya)

           

Misi Fakultas Pertanian :

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, mandiri dan berbudaya di bidang Pertanian yang berdasarkan pada kearifan lokal.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian yang berkelanjutan berdasarkan kearifan lokal.
  3. Mengembangkan dan menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga dalam skala daerah maupun nasional
  4. Mengembangkan dan melaksanakan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan perkembangan IPTEKS.
  5. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sarana-praserana, dan efektivitas manajemen organisasi Fakultas Pertanian.

 

VISI PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI
Mengacu pada visi Fakultas adalah: 

Terwujudnya program studi Agroteknologi yang unggul mandiri sebagai pusat kajian IPTEK dibidang pertanian yang berkelanjutan, berkompetensi, berbudaya dan berjiwa kewirausahaan, serta mampu berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Visi program studi ini diharapkan akan terwujud tahun 2030.

Misi program studi Agroteknologi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Agroteknologi yang berorientasi pada pertanianberkelanjutan yang berdasarkan pada kearifan lokal.
  2. Menghasilkan sarjana yang berkompetensi, profesional yang mampu berempaty dan memberikan solusi pada masalah pertanian, berjiwa pemimpin, berbudaya dan berjiwa wirausaha.
  3. Mendorong penelitian yang berorientasi pada penerapan dan pengembanganteknologi tepat guna melalui publikasi ilmiah
  4. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian yang berkelanjutan berdasarkan kearifan lokal.
  5. Menjalin kerjasama secara berkesinambungan dengan para stakeholder sebagaimitra dan pengguna alumni.
  6. Berpartisipasi aktif dalam pemberdayaan masyarakat khususnya masyarakat
    tani.
  7. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan publikasi karya ilmiah.

Tujuan  PS. Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Tabanan

Sejalan dengan Misi yang diemban dalam rangka pencapaian visi, penyelenggaraan Program Studi Agroteknologi bertujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai pelaku di bidang pertanian, manajemen, pengusaha,     pendidik/penyuluh dan peneliti yang berwawasan luas, berketerampilan, berkepribadian dan mempunyai integritas  tinggi yang dilandasi keilmuan dan keimanan, serta menjunjung tinggi budaya bangsa Indonesia.
  2. Meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pendidikan di bidang pertanian untuk mendukung revitalisasi sektor pertanian.
  3. Menghasilkan penelitian untuk meningkatkan produksi pertanian secara berkelanjutan dengan menerapkan IPTEKS Agroteknologi yang modern, berkelanjutan yang berdasarkan pada kearipan lokal.
  4. Mengembangkan sistem manajemen pendidikan tinggi yang mampu memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki secara efektif dan efisien.

 

Sasaran.

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas moral kepribadian yang tinggi, berjiwa Pancasila dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam bursa tenaga kerja, baik di Instansi Pemerintah, perusahan swasta, maupun melakukan usaha mandiri dalam berwirausaha.
  3. Keluaran (out put) sarjana Agroteknologi dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dapat bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
  4. Lembaga memiliki akuntabilitas dan akseptabilitas yang tinggi.

 

Profil Lulusan

  1. Pelaku di Bidang Pertanian
  2. Manager
  3. Pengusaha
  4. Pendidik/ penyuluh
  5. Peneliti