Image

Dosen Untab Eka Pitriyantini Sukses Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum

KBRN,Denpasar: Universitas Tabanan kembali menambah jumlah dosen yang menyandang gelar Doktor  dengan  berhasilnya Putu Eka Pitriyantini meraih gelar Doktor Ilmu Hukum di Universitas Udayana.  Putu Eka berhasil mempertahankan Disertasinya pada sidang terbuka di Aula Kampus Fakultas Hukum pada, Selasa (14/6/2022).

Berbekal keberanian dan kegigihannya selama menempuh studi di Fakultas Hukum Universitas Udayana, Eka Pitriyantini berhasil menyelesaikan studinya tepat waktu. Keberanian dalam mengambil judul Disertasi yang tidak biasanya mendapat apresiasi dari sang Promotor Prof.Dr.I Made Arya Utama,SH.,M.Hum.

Adapun judul Disertasi yang diangkat Putu Eka yaitu Penegakan Putusan Mahkamah Konstitusi Dalam Pengujian Undang-Undang Terhadap undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Putu Eka menyatakan  tertarik mengambil judul ini karena dari hasil penelitian Mahkamah Konstitusi pada tahun 2019 terdapat 59 putusan MK yang tidak ditaati legislater pembentuk undang-undang.

“ Maka Disertasi ini mengangkat apa mekanisme yang harus dilakukan dalam hal ini Presiden sebagai kepala Negara untuk agar legislater tersebut mentaati putusan Makamah Konstitusi,” ucap Eka.

Putu Eka berharap hasil penelitiannya ini menjadi pemikiran baru bagi Makamah Konstitusi dan lembaga-lembaga negara lainnya bahwa terhadap hakekat Presiden sebagai Kepala Negara yang bukan hanya Kepala Pemerintahan.

Ia menambahkan sejatinya Presiden sebagai Kepala Negara hanya bertanggungjawab kepada konstitusi dan rakyatnya bukan lembaga-lembaga Negara baik yang berkedudukan sejajar ataupun dibawahnya.

Ketua Yayasan Universitas Tabanan yang turut menghadiri sidang promosi Doktor Putu Eka, Drs.I Gusti Suryanegara.,M.AP berharap dengan bertambahnya jumlah dosen yang menyandang gelar Doktor di Untab kedepannya Untab akan lebih maju dengan meningkatnya kualitas dosen.

“ Dan nantinya akan berpengaruh kepada kualitas ilmu yang diteruskan kepada para mahasiswa . Jadi sesuai dengan tugas utama Untab dalam kaitan dengan mencerdaskan kehidupan bangsa,” ucapnya.

I Gusti Ngurah Suryanegara menambahkan, apa yang telah diraih  Doktor Putu Eka Pitriantini akan lebih memantapkan lagi peran Untab didalam membangun pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

Ditambahkan, keberhasilan Putu Eka dapat memotivasi dosen-dosen lain sehingga nantinya apa yang sudah dirintis oleh para pendahulu menjadikan Untab semakin lembaga pendidikan yang betul-betul bisa memuaskan kepada masyarakat Tabanan maupun masyarakat lebih luas lagi.

Sumber : https://rri.co.id/denpasar/pendidikan/1494237/dosen-untab-eka-pitriyantini-sukses-raih-gelar-doktor-ilmu-hukum?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign