Image

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tabanan Gelar Webinar Ekonomi Digital

KBRN,Denpasar: Mayoritas pengguna internet saat ini masih memanfaatkan internet sebagai sarana konsumtif, karenanya perlu dikembangkan kemampuan masyarakat  menggunakan internet untuk kegiatan produktif. Internet sesungguhnya dapat digunakan untuk sarana bisnis digital, khususnya mengembangkan bisnis yang sudah ada sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Tabanan Dr.Ir. I Nengah Karnata,M.Si ketika membuka Webinar dengan topic Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Ekonomi Digital di kampus setempat, Selasa (28/12/2021). Nengah Karnata mengatakan, kemajuan teknologi semakin meningkat, persaingan yang semakin besar membutuhkan teknologi digital yang mumpuni.

“ Webinar ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pemahaman kepada seluruh masyarakat agar mampu menghadapi era digital dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Rektor.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untab Dr. Wayan Terimajaya,SE.,M.M.,M.H mengatakan,  melalui kegiatan ini dapat merubah pola piker masyarakat  melalui ekonomi digital ini untuk meningkatkan diri sebagai wirausaha-wirausaha muda.

“  Untuk meningkatkan diri dalam rangka menjadi wirausaha-wirausaha muda yang dapat akan meningkatkan di Tabanan khsusunya diProvinsi Bali pada umumnya,” ucapnya.

Terimajaya mengatakan peluang usaha digital kedepan sangat besar karena kemajuan teknologi menuntut semua orang menggunakan digitalisasi. “ Maka dari itu kami membuka Prodi Kewirausahaan untuk menciptakan mahasiswa-mahasiswa kami begitu tamat akan menjadi seorang wirausaha yang berbasis digital,” ujarnya.

 Ia berharap Pemerintah dapat mendukung kebijakan ini melalui penyediaan sarana prasarana internet dan juga bantuan modal kepada pelaku UMKM.

 Salah seorang narasumber dalam Webinar tersebut Kepala Penjaminan Mutu Untab Ngurah Novianha Pinatih,ST.,M.Si mengatakan bisnis keuangan mempunyai potensi yang sangat besar untuk berkembang didukung kemajuan Teknologi. Dikatakan, perkembangan teknologi dibidang investasi keuangan terbukti berkembang pesat jika dibandingkan beberapa tahun lalu.

“ Ilustrasinya perbedaan tahun 2005 dimana investasi kita lakukan secara manual, kita datang ke pusat sekuritas kita lakukan investasi disana tetapi sekarang secara personal sudah luar biasa. Ya aplikasi computer, aplikasi di smart phone kita tinggal instal kita daftar melalui aplikasi,” ucapnya.

Ngurah Pinatih mengatakan, dengan kecanggihan teknologi sekarang ini masyarakat tidak perlu keluar rumah untuk melakukan investasi, cukup diam dirumah sudah bisa melakukan investasi. Dikatakan, saat ini banyak jenis-jenis investasi yang dapat dipilih. Menurutnya semua jenis investasi tentu saja memiliki tingkat resiko.

 “ Tinggal bagaimana kita memilih apakah akan menjadi investor dengan memegang satu saham dalam jangka waktu yang lama ataukah sebagai pedagang sebagai trader dimana kita membeli pada saat murah dan menjual pada saat harga lebih tinggi,”imbuhnya.

Dalam Webinar tersebut juga hadir narasumber dari CEO Nataoka dan Pegadaian Tabanan dengan moderator Kepala BKKU Untab Bagus Arya Kusuma,S.Sos.,M.M.